10 April 2016

Bagai Rajawali


'ku kan terbang tinggi bagai rajawali
di atas segala persoalan hidupku

dan aku percaya saat ku bersamaNya
tiada yang mustahil bagi Dia..'

As christian, you might know this song or at least ever heard even once. Masih ratusan lagu rohani lainnya bertemakan burung rajawali. Why? Karena banyak hal menarik yang bisa dipelajari lewat burung satu ini. Kegagahannya terbang di atas badai, ketajaman matanya melihat musuh, cara induk rajawali mengajari anaknya untuk terbang. You might googling it for details. Banyaaaak banget yang bisa kita teladani dari seekor burung rajawali. But hey, have you ever thought about this?

Burung rajawali kalau terbang selalu sendirian. Nggak pernah ramai-ramai kayak burung *apa namanya idk* yang mau pindah sarang. Atau kayak bebek yang mau nyebrang aja ngajak se-RT. Nope! An eagle flies alone!

Khususnya bagi temen-temen yang baru dipercayakan hal-hal baru entah di sekolah, kampus, pekerjaan and even di ministry. Pasti ada momen rasanya cuma bisa bersimbah air mata pengen lambaiin tangan dan menyerah. Bukan cuma karena beban dan tanggung jawab yang tiba-tiba bikin pundak kram. Tapi overwhelming lonely feeling yang bikin kita merasa kita sendirian, lonely and desperate.

Satu hari di saat gwe lagi merasa, ini kok kesannya cuma gwe yang lari sendirian, kerja sendirian, orang-orang dimana, gwe ikut kebaktian untuk young and professional. Pendetanya saat itu lagi kotbahin tentang Eagle Principal. Dia bilang, ketika kita merasa sendirian, it's okay. That's how an eagle flies. Justru ketika kita dipercayakan hal-hal yang lebih besar dan kita merasa lonely, somehow itu menandakan kita indeed sedang dibawa 'terbang' ke next level. Kalau kita tetap melihat 'banyak orang' di sekitar kita, itu tandanya kita belum 'terbang.'

So, if it's you, if you feel lonely these days. If you feel like giving up because you think you fight alone, don't. Tuhan lagi mau ngajarin kita to lean only on Him. Gak perlu berharap dan bersandar sama manusia. Don't blame on God, jangan salahin diri sendiri, apalagi salahin temen-temen yang terkesan meninggalkan kita. Don't. It's just another process yang bakal bawa kita lebih 'tinggi' lagi.

Dan selalu ada caranya Tuhan menghibur dan menuntun jalan kita. Percaya deh. I experience it many times. I serve as koordinator acara di youth ministry gereja gwe. And there was moments yang datang ke youth tuh sedikit, nggak lebih dari 40. It happened beberapa minggu dan sejujurnya gwe merasa, kokkkkkkk begini amat Tuhan. I was tired. Rasanya pengen nyerah dan dasar anaknya cengeng, I cried saat itu. Lihat kiri kanan yang mostly pengerja baru, gwe merasa kayak I fought all alone.

Tapi Tuhan selalu punya cara yang amazing buat menghibur, menguatkan dan mengajar anak-anakNya. Hari itu youth kedatangan 2 jemaat baru. Abis kebaktian, kita ngobrol-ngobrol and I was amazed how they ended up di youth. Yang satu, artis, cewek. Dia memang lagi cari komunitas gereja gitu, terus searching di google tentang youth service di hari Sabtu. Siang itu dia udah sampai di salah satu mall di selatan Jakarta yang dia kira ada youth di hari Sabtunya. Sampai sana, tetott.. Youth-nya ada di hari Minggu. So dia cari lagi di google dan nemu di Senayan City, so dia langsung ke senci dan datang ke youth.

Anak baru ke2, cowok. Dia abis ketemu orang di daerah senayan dan numpang ke senci untuk makan. Pas dia lagi makan di foodcourt, dia nguping pembicaraan orang di belakang dia yang bilang 'kalau lo mau ke gereja, ke atas aja, ada gereja.' dan dia iseng ke lantai 9 dan nemu gereja.

I was amazed how God brought people easily to youth. Gwe saat itu tertegur dan terhibur. Tuhan kayak lagi 'puk-puk' in gwe sambil ngajarin kalau 'it's not about your strength or your power, kid. It's all about ME.' Percuma kita berusaha setengah mati pakai usaha dan kekuatan kita untuk mewujudkan sesuatu. Tuhan yang empunya segala sesuatu, all things belong to Him dan Dia akan dengan mudahnya mewujudkan apa yang kita usahain sampai berdarah-darah if He wants.

Oke, ngelantur topiknya.

So the point is, jangan terlarut dalam kesedihan dan kekecewaan if you feel lonely hari-hari ini, apalagi ditambah beban dan tanggung jawab yang berlipat ganda. Because the truth is you don't. Ada Tuhan di sisi kita yang memampukan kita untuk go through everything in this life. Do not give up! That's how Eagle flies!

0 comments: